Kita Disatukan oleh Satu Tujuan yang Sama

mtf_cPmmJ_410.jpg (1)

Nama saya Peni Sedyaningsih, pekerjaan saya sebagai HRD di salah satu instansi pemerintah. Pertama kali mengenal Kelas Inspirasi dari seorang teman alumni Pengajar Muda Indonesia Mengajar. KI Malang adalah yang pertama dan saya sebagai panitia di bagian Volunteer Relation. Di KI Malang yang pertama ini saya bisa kenal dengan orang-orang hebat di Malang dan Jawa Timur. Bertemu dengan orang-orang yang sangat inspiratif, padahal mereka masih mahasiswa.

Di KI Malang ini juga saya belajar, bahwa kita disatukan oleh satu tujuan yang sama untuk pendidikan anak-anak Indonesia. Kerumunan positif membuat kita pun berenergi positif.

Di KI Malang ini juga saya belajar, bahwa kita disatukan oleh satu tujuan yang sama untuk pendidikan anak-anak Indonesia. Kerumunan positif membuat kita pun berenergi positif. Ketika niatan baik, akan banyak sekali tantangannya, tapi akan lebih banyak pula keajaiban-keajaiban yang membantu niatan kita. Bertemu banyak orang dari berbagai profesi dari berbagai tempat yang dengan sukarela cuti satu hari, mau bersibuk ria untuk mengajar, rela berkorban materi demi menginspirasi anak-anak Indonesia.

FB_IMG_1442072058073

Bertemu, bermain dan belajar dengan anak-anak SD merupakan hal yang membahagiakan. Bagi saya, sayalah yang terinspirasi dengan anak-anak SD yang kita datangi. Banyak hal-hal haru yang membuat saya bersyukur lebih dalam. Setiap anak, di setiap sekolah, mempunyai keunikan masing-masing. Saat KI Malang 2, di SDN Pandansari 02, saya sampai pengen nangis karena gak bisa menghadapi kelas 2 yang luar biasa aktif. Atau di SDN Kotalama 05, background orangtua sebagian besar adalah pengamen dan pemulung. Menurut cerita IBu Kepseknya, saat Imlek sekolah bisa jadi libur, karena semua anak-anaknya mengantri pembagian angpao di Klenteng. Kepedulian orangtua terhadap pendidikan anak-anaknya sangat kurang. Miris dan trenyuh.

Namun di balik semua kelelahan dan hal-hal lain yang dikeluarkan, ada mood booster luar biasa, saya merasa bahagia berada di kerumunan positif bersama Kelas Inspirasi.

Sering kali orang menanyakan, untuk apa kamu ikut KI, udah capek, gak jelas dan tentunya tidak menghasilkan uang, yang ada kita malah berkorban materi. Bagi saya, mempersiapkan KI itu melelahkan, menyita waktu, begitu pula saat mengajar atau bermain dengan anak-anak SD dengan energi luar biasanya itu sangat melelahkan, butuh kesabaran luar biasa, perlu belajar cara menghadapi anak-anak. Namun di balik semua kelelahan dan hal-hal lain yang dikeluarkan, ada mood booster luar biasa, saya merasa bahagia berada di kerumunan positif bersama Kelas Inspirasi.

Mari bermanfaat mulai dari hal-hal kecil.. 🙂

Recommended Posts

Leave a Comment