Kelas Inspirasi Festival 2015 #1

Pameran foto Kelas Inspirasi Malang yang berlangsung 17-20 September 2015.

Pameran foto Kelas Inspirasi Malang yang berlangsung 17-20 September 2015.

Anak-anak sekolah dasar bermain atau belanja di mall adalah hal yang sudah biasa, tapi apa jadinya bila mereka berkumpul dan belajar bersama di dalam mall? Hari Pertama penyelenggaraan KI Fest 2015 akan menjadi pengalaman yang berbeda bagi siswa siswi SDN Penanggungan 2 Kota Malang. Karena mereka akan diajak untuk belajar mengenali fasilitas mal sekaligus belajar apa yang harus mereka lakukan ketika ada kejadian mendadak seperti emergency yang terjadi di dalam mall.

Menjadi sebuah hal yang menarik karena sebagian besar anak-anak ataupun orang tua menganggap mall hanya sebagai tempat bermain atau belanja tanpa tahu apa yang harus mereka lakukan ketika terjadi kejadian darurat, baik itu bencana, kebakaran ataupun kecelakaan. Dalam kesempatan tersebut, Fifi Trisjanti, Mall Director Matos bakal hadir dihadapan anak-anak dan memberikan pengetahuan tersebut secara langsung kepada mereka.

“Sudah saatnya anak-anak tidak hanya belajar dan mendapatkan materi di dalam kelas. Mereka juga perlu mendapatkan pengetahuan yang berada di luar kelas dan contohnya seperti apa yang akan saya paparkan besok(hari ini, red),” ujar wanita yang akrab disapa Fifi tersebut.

KI FEST

Bertempat di Lower Ground Malang Town Square, acara ini dilanjutkan dengan games yakni KI Mission. Dalam games tersebut, para siswa tersebut akan ditantang untuk memecahkan kode-kode yang nantinya diberikan oleh panitia. Setelah itu, mereka juga diharuskan mengunjungi tenant-tenant dan fasilitas mall untuk memecahkan kode tersebut.

Acara dengan target family atau mengarah ke lingkup keluaraga ini juga akan dilanjutkan dengan berbagai agenda talkshow with The Puteri’s. Dimana Saza Anindyo(Duta Wisata Indonesia), Hendita Khairina(Green Ambasador), dan Miss Grand International Indonesia(Yolanda Remetwa). Tentunya kehadiran meraka juga akan semakin membuat suasana Kelas Inspirasi Festival Malang 2015 ini semakin menarik lantaran mereka juga akan berbagi pengalaman seputar pencapaian dan kerja keras mereka di bidang pariwisata, lingkungan serta perdamaian dunia.

Dalam kesempatan berbeda, Penanggung Jawab Pelaksana Kelas Inspirasi Malang 3 2015, Amanah Alfian mengungkapkan bahwa kelas inspirasi sendiri sejatinya merupakan gerakan mengajar sehari yang diikuti oleh relawan pengajar, relawan fotografer dan videografer, serta relawan fasilitator. Selain itu, event KI Fest ini juga bertujuan untuk mengenalkan  kepada masyarakat luas bahwa Kelas Inspirasi Malang yang bakal hadir di Malang Raya, November 2015 mendatang. Tak hanya itu, dalam KI Fest ini, Ama, sapaan akrabnya juga menjelaskan tidak hanya mengarah kepada anak-anak tingkatan sekolah dasar saja, melainkan para profesional dan siapapun bisa hadir dan menyaksikan kemeriahan acara KI Fest ini.

“Tentunya sebagai pemerhati dan warga negara yang peduli terhadap kondisi pendidikan di Indonesia membuat hati siapapun pasti akan tergerak dan tergugah untuk melakukan sebuah perubahan yang berarti dalam bentuk motivasi dan inspirasi kepada generasi mendatang bangsa ini,” imbuhnya.

Kelas Inspirasi Festival Malang 2015 ini juga akan berlangsung selama dua hari yakni pada tanggal 19-20 September 2015. Sedangkan pada dua hari sebelumnya yakni tanggal 17-18 September 2015 juga telah diadakan pameran foto hasil karya relawan fotografer Kelas Inspirasi Malang sebelumnya, KI Malang 2 (2014) yang berada di Lantai UG Malang Town Square.

Selain itu, bagi pelajar sekolah dasar yang ingin mengasah kemampuannya, Ama juga memaparkan bahwa pada hari Minggu, 20 September bakal dilangsungkan lomba Zumba For Kids dan Games Ranking 1 yang akan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB.

“Persyaratan utamanya adalah pelajar kelas 3-6 SD/MI. Kemudian jangan lupa untuk membawa spidol saat perlombaan. Karena kapasitas terbatas hanya sebanyak 60 peserta, oleh karenanya bagi yang ingin mendaftar langsung datang dan registrasi di Kelas Inspirasi Festival Booth yang berada di depan Gramedia Matos. Apalagi pendaftarannya gratis dan untuk pemenangnya akan mendapatkan hadiah menarik dari panitia,” pungkasnya.

Recommended Posts
Showing 2 comments
  • Chusnul fadillah
    Reply

    kak mau tanyak, saya masih mahasiswi belum bekerja saya mau tanyak apa bisa saya bergabung di kelas inspirasi menjadi pengajar karena besik saya ada di pendidkan dan saya mahasiswi tingkat akhir dengan mengambil Bimbingan dan konseling. saya tertarik mengikuti kelas inspirasi ini karena saya melihat beberapa fenomena kemerosotan moral dan kurangnya pendidikan karakter khususnya di sekolah-sekolah swasta di kabupaten malang, dari sini saya tertaik dan ingin berkontribusi secara langsung untuk kemajuan bangsa indonesia dengan cara turn tangan secara langsung.

    • admin
      Reply

      Dear, Kak Chusnul. Untuk menjadi relawan pengajar ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Salah satunya adalah memiliki pekerjaan minimal dua tahun. Karena yang akan dibagikan relawan pengajar adalah tentang profesinya. Sehingga adik-adik sekolah dasar memiliki pandangan lebih luas tentang profesi yang ada di dunia ini. Nah apabila Kak Chusnul telah memiliki profesi dan memenuhi persyaratan yang lain tentu kami menunggu partisipasinya sehingga dapat ikut mengambil bagian di kegiatan inspirasi ini.

Leave a Comment