Rombel 49: Satu Sekolah dengan 23 Murid

Lagu serial TV Ninja Hatori melewati gunung dan lembah tidak berlaku di survei hari Kamis tanggal 12 November 2015  tepat pukul 9 pagi  menuju MI Roudhoul Muslimin di daerah pinggiran Kota Malang 45 menit perjalanan dari pusat kota. Kawasan yang asri walau masih dalam kawasan kota, selama perjalanan dikelilingi banyak pohon-pohon tinggi dan perkebunan, meskipun mulai banyak perbaikan infrastruktur jalan di desa setempat. Namun MI Roudhoul Muslimin yang kami survei belum mendapat giliran jalan yang mulus, semulus hatinya relawan Kelas lnspirasi yang hari itu telah siap melihat medan perang Hari Inspirasi.

perbaikan sekolah indonesia

Pembenahan amat nampak ketika masuk kawasan sekolah,  pembangunan kelas baru mengorbankan salah satu bangunan lama yang harus dirobohkan. sedikit ragu kami melangkah karena tak tampak seperti sekolah pada umumnya, sepi dan hanya ada beberapa tampak anak bermain di depan kelas. Kami pun langsung menuju ruang guru dan disambut oleh ibu dan bapak guru.

Perkenalan di sela-sela kesibukan jam pelajaran yang memanfaatkan waktu istirahat menjadi awal silaturahmi. Kami banyak menanyakan tentang keadaan sekolah MI Roudhoul Muslimin, dari sana kami mendapatkan fakta bahwa sekolah ini sangat berani meliburkan di hari Jumat, hanya memiliki 23 murid keseluruhan dan 10 guru.

MI Roudhoul Muslimin

Penggunaan bahasa Indonesia, Inggris, Jawa dan Arab

Adanya sekolah MI lain dan SD Negeri di kawasan desa tersebut membuat  MI Roudhoul Muslimin sepi peminat tapi dari keterbatasan tersebut tak membuat semangat proses belajar-mengajar. Dengan suasana ngobrol santun kami menceritakan maksud diselengarakannya Hari Inspirasi. Kami menjelaskan bahwa adanya Relawan Pengajar nantinya semoga dapat  memberikan inspirasi lewat profesi dari berbagai macam bidang, mendekatkan pembelajaran dasar seperti bahasa sampai matematika bagaimana aplikasinya di profesi setiap relawan dengan bahasa atau bahkan permainan yang mengembirakan tentunya.

MI Roudhoul Muslimin 2

Sampai jumpa di Hari Inspirasi!

Di ujung waktu istirahat sekolah, salah satu guru berkeinginan bila di Hari Inspirasi tanggal 21 november nanti juga dihadiri wali murid, dan ide tersebut kami catat yang nantinya akan didiskusikan lagi. Kesan baik ke lingkungan sekolah telah didapatkan, semoga pelaksanaan Hari Inspirasi menjadi lancar dan dapat menginspirasi semua. Amin. (Huda)

Recommended Posts

Leave a Comment